BLOG

Check out your reference

Cari Hunian : Rumah atau Apartemen ?

carihunian1

Beli Rumah atau Apartemen?

Pertanyaan diatas adalah pertanyaan umum bagi masyarakat yang baru dianugrahi rahmat oleh sang pencipta, rahmat tersebut dapat berupa uang yang telah tekumpul untuk membeli cash atau berupa DP atau juga rejeki berupa keluarga baru atau pekerjaan baru bahkan aktivitas baru.

Namun pertanyaan diatas juga kerap membayangi masyarakat menengah-atas dengan kondisi ekonomi yang settle, hal ini disebabkan oleh keputusan sebelumnya yang menentukan untuk membeli dan tinggal di hunian yang berada di pinggiran kota dengan segala kelebihan yang di tawarkan oleh pengembang, sementara mereka beraktivitas ditengah kota.
Pertumbuhan ekonomi dan penduduk dikota besar yang begitu cepat dan tidak disertai oleh perimbangan infrastruktur yang memadai menyebabkan masalah massal yang sulit diatasi dalam waktu singkat. Hal ini menjadi salah satu faktor kunci kembalinya masyarakat di tahap ini ke tengah kota.

Menentukan pilihan pertama diantara banyak pilihan untuk kembali ke tengah kota merupakan hal yang mudah tapi susah, karena jatuhnya keputusan kepada pilihan banyak di pengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal. Namun yang pasti di Indonesia tercinta belum tercatat nilai investasi properti turun atau RUGI

Faktor Internal seperti : -Ketersediaan dana, Persetujuan Keluarga, pertimbangan fasilitas,Legalitas,
utilitas dan efektifitas

Faktor eksternal seperti : – Masukan-masukan referensi dari internet, koran, rekan kerja, atau lainnya,
– Ketakutan untuk jauh dari sejarah hunian seperti orang tua, keluarga, atau
kerabat.

Hal yang disarankan sebelum menentukan membeli rumah atau apartemen adalah
TUJUAN
Tentukan tujuan anda untuk membeli apartemen atau rumah tapak sebagai aset anda, tujuan disini yakni sebagai indikator bahwa properti tersebut sebagai murni fungsi investasi atau fungsi huni, atau keduanya?. tentunya anda lebih tau pertimbangan-pertimbangan tujuan ini.

Fungsi Investasi, anda tidak perlu tinggal atau properti tersebut anda jadikan mesin pengganda uang anda.

untuk fungsi investasi, properti yang dapat dipilih pasti hanya 3 klasifikasi : Low,Middle dan Premium

Rumah
– Untuk rumah tapak dari sisi investasi tentunya disesuaikan oleh faktor-faktor standar property seperti: lokasi,lingkungan,desain, akses, fasilitas dll yang dipilih, bicara rumah tapak ditengah kota tentunya bicara harga yang tinggi, sekarang banyak developer tradisional atau developer profesional menggarap townhouse di tengah kota rata-rata berskala kecil,jika disimak dari luas tanah rata-rata rumah townhouse memiliki luas tanah 80m-120m2 dengan luas bangunan 80-250m2 tentunya harga rumah ini jika dipukul rata ke luas bangunan pada kurun quarter pertama 2015 ada di 17 s/d 75jt perm2 atau untuk luas 80m2 akan dipatok harga sekitar 1,3 milyar.
Rumah tapak memiliki kecenderungan kenaikan harga pertahun sekitar 5% -30% dan return sewa jika disewakan ada di kisaran 5-7% dari harga rumah, artinya jika anda membeli rumah ukuran 80m2 seharga 1,3m harga sewa standarnya adalah 65juta pertahun, pertanyaannya bagaimana serapan pasar disekitar lokasi properti tersebut? berapa lama property anda akan tersewa ?dan berapa lama return modal anda jika kenaikan harga tanah pertahun 10% ditambah 6% return sewa ? dan anda dapat memilih sesuai kehendak dan kemampuan anda masing-masing.

Apartemen

– Apartemen beberapa tahun lalu merupakan kebutuhan yang sekunder dan berada dilingkup masyarakat kelas atas dengan luasan paling kecil 40m2 s/d 200m2, perubahan ekstrim terjadi memasuki tahun 2003 ketika masalah kompleks perkotaan menjadi momok bagi seluruh masyarakat yang memiliki aktifitas ekonomi di tengah kota. kemudian lahirlah apartemen middle-middle to low dengan luasan mulai 18m2 dengan harga terjangkau atau harga mulai 200juta-an.

Apartemen kecil ini memiliki fasilitas pendukung yang bisa diperhitungan sebagai perwakilan kebutuhan hidup para penghuninya selain HARGA yang terjangkau ada beberapa apartemen seperti ini berlokasi di radius 5km sekitar pusat bisnis Kota Besar.

Analogi Investasi Apartemen jika anda membeli apartemen paling kecil 200 juta berdasarkan fakta dilapangan yang disesuaikan dengan standar properti (Lokasi, Faslitas, Akses, Dukungan transportasi massal, dan Pengelolaan yang profesional) maka anda dapat hampir dipastikan akan memiliki return kenaikan harga 12-40% pertahun, dan jika anda menyewakan apartemen tersebut return wajarnya adalah 8-15% pertahun, artinya dengan modal Dp 30%(60jt) memalui bank dari harga 200jt maka anda akan memiki return sewa minimum 16jt perth ditambah kenaikan harga petahun.

Namun Investasi Apartemen harus diperhatikan beberapa hal diantaranya :
A. serapan pasar, pilihlah lokasi apartemen yang didominasi oleh perkantoran,hal ini memang debateable namun fakta dilapangan apartemen yang dikepung kampus atau pusat niaga atau bahkan industri memiliki kecenderungan sewa dan kenaikan harga lebih lambat dibanding dengan apartemen yang dikepung oleh perkantoran.
B.Apartemen yang anda beli memiliki referensi jejak rekam developer yang mumpuni dalam hal pembangunan sampai pengelolaan. karena apartemen yang kumuh tidak akan mengundang kenaikan sewa atau harga
C.Timing Membeli, ini adalah penting karena orang yang berani membeli pada saat presales akan mendapat gain jauh lebih besar dibanding orang yang membeli sesudah launching.

FUNGSI HUNI

Rumah tapak sebagai fungsi huni tentu jauh lebih nyaman dibanding apartemen, sebab dengan harga rumah diatas 1milyar anda memiliki hunian yang nyaman dan aman anda hanya tinggal menyesuaikan kemampuan keuangan anda juga lokasi yang anda pilih, sebab rumah tapak seperti townhouse jarang sekali yang memiliki fasilitas, tetapi lokasinya dekat dengan rumah sakit, sekolah, pasar, tol, dan fasilitas umum pada umumnya.

Rumah tapak memiliki kelebihan-kelebihan yang umum diantaranya

– parkir didepan rumah sendiri
– Anda memiliki taman
– Anda lebih mudah bersosialisasi
– Aset anda pun berumur sangat panjang serta lebih mudah dijadikan agunan bank
– Biaya reguler bulanan yang jauh lebih murah
– Daya Lisrik yang tidak dibatasi
– Renovasi atau perluasan bangunan tidak akan serepot apartemen.

Apartemen

Apartemen sebagai fungsi huni kebalikan dari rumah namun apartemen dapat anda miliki dengan harga yang jauh lebih murah dan anda dapat hunian ditengah kota dengan lokasi yang dekat dengan tempat aktifitas anda, juga dukungan fasilitas yang ada diapartemen tersebut dapat mewakili kebutuhan-kebutuhan para penghuninya.

Terlepas pilihan anda apartemen atau Rumah, tentunya referensi diatas hanya merupakan tambahan informasi bagi anda dan semoga dapat membantu anda dalam menentukan pilihan

Salam Properti

Deden

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *